Rabu, 24 Oktober 2018

MEMIMPIN DAN MEMBANGUN KERJASAMA TIM (Seri Manajemen Diri)



Memimpin dan Membangun Kerjasama Tim

Pada dasarnya setiap manusia adalah pemimpin, yang memimpin dirinya sendiri dan orang-orang lain disekitarnya untuk mencapai tujuan bersama. Kalau memimpin diartikan membangun sebuah tim untuk meraih sasaran yang tepat dengan cara efektif dan efisien, maka setiap orang akan selalu terlibat atau melibatkan diri dalam pembangunan suatu tim. Manusia diciptakan  untuk menjadi pemain tim dan dirancang untuk berfungsi dalam jalinan dan hubungan saling ketergantungan dengan orang lain.
Apakah Tim Itu?
Dalam bukunya yang berjudul The Magic of Team Work, Pat Williams –Senior Excutive Vice President Orlando Magic, sebuah tim bola basket  tangguh dari Amerika Serikat menggambar kan apakah sebuah tim itu. Menurutnya, Suatu keluarga adalah sebuah tim. Sebuah kelas dikelas dasar juga sebuah tim. Klub olah raga bola adalah sebuah tim. Seuatu bisnis itu pun sebuah tim. Rumah sakit, kantor pemerintah, organisasi social, partai politik, dan bahkan sebuah Negara adalah bentuk-bentuk berbeda dari suatu tim. Kapan dan dimana pun orang bersama-sama atau berbeda dalam suatu kebersamaan untuk menyelesaikan pekerjaan, itulah sebuah tim. Dalam bahsa Inggris TEAM berarti Together Everyone Achive More dengan bekerja sama setiap orang dapat memperoleh hasil yang lebih baik daripada dikerjakan sendiri.
Paradigma Baru dalam Kepemimpinan
 Dengan pemahaman seperti ini saya akan mengajak Anda untuk memahami konsep kepemimpinan dalam perspektif membangun sebuah tim. Makna terpenting dalam konsep ini terletak pada sebuah kata, yaitu sinergi berasal dari bahasa Yunani sunergos artinya bekerja bersama; dari akar kata sun (=bersama) dan (=bekerja). Jadi, sinergi adalah kombinasi kekuatan yang melebihi penjumlahan tenaga seluruh individu secara sendiri-sendiri.
Fungsi seorang pemimpin adalah membangun sebuah tim yang dapat menghasilkan sinergi ini, Inilah paradigm baru dalam kepemimpinan. Seorang pemimpin harus berupaya agar setiap individu sunergi untuk mencapai tujuan bersama.
Paradigma ini berbeda dengan konsep kepemimpinan konvensional yang selalu memandang dalan perspektif  pemimpin dan pengikut (leader – follower).dalam konsep pardigma baru, setiap anggota tim memiliki perana dan fungsi yang berbeda sehingga tidak ada superioritas; tidak ada subordinasi yang membentuk pola hubungan patron – client,seperti elite – rakyat, atasan – bawahan, orang tua – anak,ulama – umat, dan sebagainya.
Transformasi Individu: Kunci Keberhasilan tim
Kunci untuk terciptanya sinergi dalam suatu tim adalah kemampuan setiap anggota tim tersebut. Oleh karena itu, untuk meningkatkan  kinerja (performance) suatu tim untuk mencapai ssasaran dengan lebih cepat, efisien, dan efektif tidak terlepas dari upaya mengoptimalkan potensi dan kemampuan setiap individu dalam tim
Selama ini, pendekatan konvensional untuk meningkatkan kinerja individu dalam tim adalah dengan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan , Sayangnya, kegiatan ini sering kali tidak memberikan kontribusi signifikan terhadap terciptanya sinergi tim.
Mengapa pendidikan dan pelatihan sering gagal untuk meningkatkan kinerja individu? Karena yang diperlukan oleh individu anggota tim agar dapat mengoptimalkan fungsi dan peranannya dalam kesatuan tim adalah kemampuan untuk mengoptimalkan potensi diri , untuk belajar (skill of learning) se=cara terus menerus, dan kemampuan berinteraksi dengan sesama anggota tim maupun dengan individu diluar tim (skill of life: communication and networking).
Sebagaiman kita ketahui, setiap perusahaan atau organisasi dapat berkembang dan mencapai sasarannya jika setiap individu didalamnya mengalami transformasi dan senantiasa belajar untuk mengoptimalkan dirinya. Organization does not transform. People do. ---- Corporate does not learn. People do. Dengan memahami kosep ini , maka sebuah kepemimpinan tidak akan berarti jika anggota tim tidak mengalami transformasi atau perubahab positif. Semakin tinggi kualitas individu dalam tim dan keseluruhannya mampu menciptakan sinergi – semakin tinggi
Kepemimpinan dalam Manajemen Diri
Berangkat dari dasar pemikiran diatas, maka konsep kepemimpinan dalam manajemen diri adalah berupa pendekatan baru tentang bagaimana kita masing-masing dapat mengoptimalkan potensi diri dan meningkatkan kemampuan berinteraksi dengan orang lain(terutama dengan individu sesama amggota tim) sehingga kita mampu memberika kontribusi yang signifikan bagi terciptanya sinergi untuk mencapai sasaran tim bersama-sama.
Kepamimpinan lebih diartikan sebagai kemampuan untuk memipin dan mengelola diri (menajemen diri) sehinggan dapat member kontribusi bagi penciptaan sinergi untuk mencapai tujuan atau sasaran tim. Sedangkan tim diartikan sebagai wadah dua otang atau lebih untuk bekerja bersama-sama mencapai sasaran atau tujuan bersama.
V.O.I.C.E: Lima Hal Pokok dalam Kepemimpinan
Untuk membangun kepemimpinan berdasarkan tim (teamwork-based leadership) yang efektif diperlukan lima hal pokokyang dapat dijadikan acuan untuk menilai atau mengevaluasi kinerja (performance) sebuah tim, yaitu V.O.I.C.E (Vision – Optimizing – Integrity – Communication – Empowering). VisionVision yaitu visi atau sasaran yang disepakati oleh seluruh anggota tim. Setiap anggota tim harus mengetahui dan memahami sasaran yang ingin dicapai timnya. Hal ini merupakan rahasia pertama konsep manajemen yang ditulis oleh Kenneth Blanchard dan Spencer Johnson dalam buku meraka yang sangat terkenal, The One Minute Manager. Kita bisa membayangkan sebuah permainan sepak bola tanpaada gawang. Permainan ini pasti akan membuat seluruh pemain frustasi dab bergerak tanpa tujuan. OptimizingOptimizing yaitu mengoptimalkan kemampuan individu dalam tim. Caranya adalah melengkapi setiap anggota tim dengan kemampuan untuk mengenali potensi dirinya, kemampuan untuk mendayagunakannya, serta kemapuan untuk belajar guna meningkatkan potensi dirinya secara terus menerus. Pendeknya, kepemimpinan berarti menginspirasi, memotivasi, dan menumbuhkan antusiasisme Kepada diri sendiri atau sesama anggota tim untuk mengoptimalkna kemampuannya. IntegritySetiap anggota tim, apalagi pemimpin tim, harus mampu menunjukan intregitas sehingga tercipta rasa saling percaya dan saling menghargai dalam tim. Kondisi ini dapat menciptakan sinergi positif untuk mencapai sasaran secara lebih cepat dan efisien. Intregritas adalah sifat yang dapat dipercaya, selalu menepati janji, jujur, memiliki komitmen yang tinggi terhadapa tugas atauaterhadap apa pun yang telah dosepakatinya, serta memiliki karakter yang baik dan solid. Orang berintgritas biasanya ditunjukkan dengan satunya kata dan perbuatan, serta senantiasa konsisten dengan apa yang diyakininya.CommunicationCommunication yaitu interkasi antar individu anggota tim sehingga tercipta sinergi kelompok. Setiap anggota mengerti dan memahami anggota lainnya. Covey menyebut komunikasi ini sebagai komunikasi empatetik atau Berusaha untuk mengerti sebelum dimengerti.Kunci dasar kemenangan sebuah tim terletak pada sebuah pada kelancaran komunikasi diantara anggota tim. Betapa banyak perceraian atau krisis rumah tangga, kegagalan proyek, perselisihan atau krisis yang dihadapi suatu organisasi hanya karena tidak adanya atau buruknya komunikasi diantara individu didalamnya. Komunikasi berarti menciptakan irama dan getaran harmonisasi yang melingkupi seluruh anggota tim, mengalir dan membawa seluruh anggota tim, mengalir dan membawa seluruh anggota tim kearah tujuan dan sasaran bersama.EmpoweringEmpowering yaitu setiap anggota tim harus memberdayakan satu sama lain, saling mengisi, saling member inspirasi, dan saling membangun antusiasme diantara mereka. Seorang pemimpin dalam tim harus memiliki kemampuan untuk memberdayakan anggota timnya.
Ada tiga aspek penting untuk memberdayakan anggota tim. Pertama, membantu seseorang untuk menggali dan menemukan potensi diri dan hal-hal terbaik dalam diri mereka, serta membantu mereka menjadi apa yang terbaik bagi diri mereka (finding the best). Kedua, membantu melakukan penyempurnaandiri secara terus menerus (lifetime improvements). Ketiga, membantu meraka dalam berinteraksi dengan orang lain (networking).Kelima unsur pokok ini sangat penting untuk dapat menciptakan kepemimpinan yang berdasarkan tim (teamwork-based leadership). Oleh karena itu, kita semua perlu melakukan manajemen diri dengan sebaik-baiknya untuk menjadi seorang pemimpin dalam bidang apa pun dan sekaligus menjadi anggota tim (entah itu keluarga kita, kantor tempat kita bekerja, lingkungan masyarajat tempat tinggal, dan sebagainya) yang efektif sehingga dapat menumbuhkan sinergi untuk mencapai sasaran bersama.

Translation

Leading and Building Teamwork,

Basically every human being is a leader, who leads himself and others around him to achieve a common goal. If the lead is defined as building a team to reach the right target in an effective and efficient way, then everyone will always be involved or involve themselves in the development of a team. Humans are created to be team players and are designed to function in the fabric and relationship of interdependence with others.

What is Team?

In his book entitled The Magic of Team Work, Pat Williams - Orlando Magic's Senior Excutive Vice President, a formidable basketball team from the United States drew what a team was. According to him, a family is a team. A basic class is also a team. The soccer sports club is a team. A business is a team too. Hospitals, government offices, social organizations, political parties, and even a country are different forms of a team. When and wherever people are together or different in a togetherness to finish work, that's a team. In the English language TEAM means Together Everyone Achive More by working together everyone can get better results than working alone.

New Paradigm in Leadership.

With this understanding, I will invite you to understand the concept of leadership in the perspective of building a team. The most important meaning in this concept lies in a word, namely the synergy derived from the Greek sunergos means working together; from the root word sun (= together) and (= work). So, synergy is a combination of strengths that exceeds the sum of the energy of all individuals individually.The function of a leader is to build a team that can produce this synergy. This is a new paradigm in leadership. A leader must strive so that each individual is ready to achieve a common goal.

This paradigm is different from conventional leadership concepts that always view the perspective of leaders and followers. In the new paradigm concept, each team member has different functions and functions so there is no superiority; there is no subordination that forms a pattern of patron-client relations, such as elites - people, superiors - subordinates, parents - children, scholars - people, and so on.

Individual Transformation : Key to Team Success

The key to creating synergy in a team is the ability of each team member. Therefore, to improve the performance (performance) of a team to achieve goals more quickly, efficiently, and effectively can not be separated from efforts to optimize the potential and abilities of each individual in the team 

During this time, the conventional approach to improving individual performance in the team is to organize education and training. Unfortunately, these activities often do not contribute significantly to the creation of team synergy.Why does education and training often fail to improve individual performance? Because what is needed by individual team members to be able to optimize its function and role in team unity is the ability to optimize self-potential, to learn (skill of learning) as a continuous way, and the ability to interact with fellow team members and with individuals outside the team (skills of life: communication and networking).

As we know, every company or organization can develop and achieve its goals if every individual in it undergoes transformation and always learns to optimize itself. Organization does not transform. People do. ---- Corporate does not learn. People do. By understanding this concept, a leadership will not be meaningful if the team member does not experience a positive transformation or change. The higher the quality of individuals in the team and the overall ability to create synergy - the higher Leadership in Self Management,

Leadership is more defined as the ability to manage and manage themselves (self-management) so that they can contribute to the creation of synergies to achieve the goals or objectives of the team. While the team is interpreted as a container of two or more people to work together to achieve a common goal or goal.

Departing from the above rationale, the concept of leadership in self-management is in the form of a new approach to how each of us can optimize our self-potential and improve our ability to interact with others (especially with fellow individuals) so that we are able to contribute significantly to the creation synergy to achieve team goals together. 

V O I C E five principles in Leadership 

To build effective team-based leadership, five main things can be used as a reference for evaluating or evaluating the performance of a team, namely V.O.I.C.E (Vision - Optimizing - Integrity - Communication - Empowering). V.O.I.C.E (Vision - Optimizing - Integrity - Communication - Empowering). 

Vision

Vision is a vision or goal agreed upon by all team members. Each team member must know and understand the goals the team wants to achieve. This is the first secret management concept written by Kenneth Blanchard and Spencer Johnson in their very famous book, The One Minute Manager. We can imagine a soccer game without a goal. This game will definitely make all players frustrated and move aimlessly. 

Optimizing

Optimizing is optimizing the ability of individuals in the team. The trick is to equip each team member with the ability to recognize his potential, the ability to use it, and the ability to learn to improve his potential continuously. In short, leadership means inspiring, motivating, and fostering enthusiasm for yourself or fellow team members to optimize their abilities. Integrity Every team member, especially the team leader, must be able to show integrity so that mutual trust and respect can be created in the team. This condition can create positive synergies to achieve goals more quickly and efficiently.

 Integrity

Integrity is a trustworthy trait, always keeping promises, being honest, having a high commitment to the task or whatever has been agreed upon, and having a good and solid character. People with integrity are usually indicated by only words and deeds, and are always consistent with what they believe.

 Communication

 Communication is the interaction between individual team members so that group synergy is created. Each member understands and understands the other members. Covey refers to this communication as empathic communication or trying to understand before being understood. The basic key to winning a team lies in a smooth communication between team members. How many divorces or household crises, project failures, disputes or crises faced by an organization are only due to lack of or poor communication between individuals within them. Communication means creating harmonizing rhythms and vibrations that cover all team members, flowing and bringing all team members, flowing and bringing all team members towards shared goals and objectives.

Empowering 

Powermaking is that each team member must empower each other, complement each other, inspire each other, and build mutual enthusiasm among them. A leader in the team must have the ability to empower his team members.







Individual Transformation: Key to Team Success

The key to creating synergy in a team is the ability of each team member. Therefore, to improve the performance (performance) of a team to achieve goals more quickly, efficiently, and effectively can not be separated from efforts to optimize the potential and abilities of each individual in the team
During this time, the conventional approach to improving individual performance in the team is to organize education and training. Unfortunately, these activities often do not contribute significantly to the creation of team synergy.
Why does education and training often fail to improve individual performance? Because what is needed by individual team members to be able to optimize its function and role in team unity is the ability to optimize self-potential, to learn (skill of learning) as a continuous way, and the ability to interact with fellow team members and with individuals outside the team (skills of life: communication and networking).
As we know, every company or organization can develop and achieve its goals if every individual in it undergoes transformation and always learns to optimize itself. Organization does not transform. People do. ---- Corporate does not learn. People do. By understanding this concept, a leadership will not be meaningful if the team member does not experience a positive transformation or change. The higher the quality of individuals in the team and the overall ability to create synergy - the higher
V.O.I.C.E: Five Principles in
Leadership

To build effective team-based leadership, five main things can be used as a reference for evaluating or evaluating the performance of a team, namely V.O.I.C.E (Vision - Optimizing - Integrity - Communication - Empowering).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar